Sabtu, 03 November 2012

Manfaat Peregangan Bagi Tubuh (stretching)




Apakah peregangan itu?
Peregangan adalah sebuah gerakan memperpanjang keseluruhan panjang tubuh ataupun beberapa bagian tubuh. Gerakan ini meliputi meluruskan dan melenturkan bagian-bagian tubuh.

Bagaimana melakukan peregangan?
Peregangan sangatlah mudah. Seperti yang telah dijelaskan pada awal, peregangan adalah aktivitas normal dan bisa dilakukan banyak orang tanpa memandang umur.
Namun tingkat kelenturan bisa berbeda, karena dengan semakin bertambahnya umur seseorang maka otot menjadi kaku. Jarak dari pergerakan sendi menjadi terbatas, apalagi ditambah pola hidup yang tidak pernah melakukan latihan ini. Pada saat seseorang bertambah tua maka kemampuan untuk menekuk dan melenturkan tubuh menjadi terbatas. Itulah alasan mengapa sering melakukan peregangan sebagai bagian rutinitas sangat penting.
Peregangan yang sederhana bisa dilakukan sehari-hari. Ini bisa digabungkan dengan gaya hidup dan kegiatan sehari-hari dan tidak menyita banyak waktu Anda. Latihan peregangan juga bisa dilakukan disaat berolahraga. Sebenarnya peregangan adalah bagian penting didalam sebuah latihan atau olahraga. Ini harus dilakukan terlebih dulu sebelum melakukan hal yang lain. Meregangkan tubuh dan bagian-bagian tubuh adalah persiapan yang bagus sebelum melakukan latihan yang keras.
Sebagian besar atlet akan melakukan latihan duduk dan raih, yaitu mereka duduk di lantai dengan kaki lurus dan meraih ujung jari kakinya dengan ujung jari tangan. Para pelatih akan mengharuskan atletnya untuk melakukan peregangan sebelum bertanding.
Peregangan yang ideal membutuhkan sekurang-kurangnya 10 menit. Ini akan memberi kesempatan tubuh untuk bergerak dan melenturkan otot-otot, kemudian bersiap melakukan gerakan yang sulit dan berat.
Para ahli tidak setuju jika peregangan dilakukan lebih dari 10 menit. Melakukan peregangan selama 30 menit atau lebih akan membuat tubuh menjadi lelah. Ini akan merugikan jika seseorang akan melakukan sebuah pertandingan.

Apakah Keuntungan Melakukan Peregangan?
·        Meningkatkan jangkauan gerakan
Jika seseorang rutin melakukan latihan peregangan, maka panjang dari otot dan urat daging pasti akan meningkat. Ini akan membantu meningkatkan keleluasaan pergerakan Anda. Dan bagian-bagian tubuh serta sendi-sendi akan bisa bergerak bebas.

·        Meningkatkan Kemampuan untuk Menampilkan Keahlian
Saat anda bisa melakukan banyak pergerakan, anda bisa melakukan banyak hal. Sebagai contoh, anda bisa melompat tinggi tanpa merasakan sakit waktu mendarat di lantai. Hal ini juga akan membantu Anda melakukan sebuah olahraga baru atau meningkatkan daya olahraga yang Anda lakukan sekarang. Peregangan pada hal ini memungkinkan Anda untuk gaya hidup yang aktif.

·         Mencegah Cedera
Seseorang bisa mencegah cedera pada sendi, urat daging dan otot dengan peregangan. Saat otot dan urat sedang lentur, maka mereka siap melakukan sesuatu dengan baik. Ini akan menolong pemulihan dengan lebih cepat dan mengurangi rasa sakit. Otot-otot pada tubuh akan siap menerima gerakan yang lebih berat dan melelahkan dengan risiko cedera yang kecil.

·         Mengurangi Ketegangan Otot
Jika otot diberi latihan dan peregangan yang rutin, maka otot tidak akan mengkerut. Maka ini akan membebaskan anda dari masalah dan rasa sakit pada otot.

·         Meningkatkan Tenaga
Selain bisa memberi Anda gerakan yang lebih hal ini juga memberi Anda tenaga yang lebih. Peregangan juga membantu meningkatkan kesiapan Anda, seperti mengetahui bahwa tubuh Anda bisa melakukan banyak hal. Anda seperti dipacu untuk banyak bergerak dan tidak hanya berdiam diri saja.

Ada beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan dengan melakukan peregangan atau streching secara rutin di pagi hari:

·         Relaksasi otot
Peregangan juga bisa membantu membuat otot lebih fleksibel dan otot secara keseluruhan menjadi lebih fleksibel. Kondisi ini bisa membantu mengurangi risiko ketidaknyamanan akibat otot tegang, kram dan nyeri. Hal ini akan meningkatkan jangkauan gerak secara keseluruhan dan fluiditas dalam sendi.

·         Meningkatkan aliran darah
Ketika melakukan peregangan maka aliran darah ke otot termasuk otak akan meningkat. Kondisi ini membantu merangsang indera dan meningkatkan konsentrasi menjadi lebih tajam. Dalam beberapa kasus, peningkatan aliran darah ke otot ini bisa memberikan energi yang optimal di pagi hari yang dapat membantu mencegah kelelahan dan kelesuan di jam-jam pagi hari.

·         Lebih siap melakukan kegiatan
Latihan peregangan secara rutin setiap hari membantu mempersiapkan tubuh untuk melakukan kegiatan fisik dan bekerja, serta memberi semangat tambahan bagi tubuh untuk beraktivitas.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar