Sabtu, 03 November 2012

Teknik-Teknik Dasar Permainan Sepak Bola



Siapa sih yang tidak kenal dengan permainan sepak bola ? Hampir semua orang mengenal permainan yang paling populer ini terutama kaum laki-laki. Permainan Sepak bola bahkan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia.
Dalam artikel kali ini akan dibahas apa sebenarnya sepak bola itu dan teknik dasar permainan sepak bola. Sepak bola merupakan permainan yang dilakukan oleh dua regu/tim. Setiap tim terdiri dari 11 pemain. Permainan sepak bola membutuhkan kerjasama tim yang kompak. Disamping itu, variasi dan kombinasi teknik-teknik dasar individu juga sangat diperlukan.
Apa sajakah teknik dasar permainan sepak bola?
Teknik dasar itu adalah menendang bola, menghentikan bola, menggiring bola, menyundul bola dan melempar bola. Untuk lebih jelas akan di bahas sebagai berikut :
-        Teknik menendang bola
·         Menendang bola dengan kaki bagian dalam 
·         Menendang bola dengan kaki bagian tengah (kura-kura) 
·         Menendang bola dengan kaki bagian luar 
·         Menendang bola dengan kaki bagian ujung kaki.


-        Teknik menghentikan bola (Stopping)
·         Menghentikan bola dengan kaki bagian dalam 
·         Menghentikan bola dengan kaki bagian luar 
·         Menghentikan bola dengan kaki bagian tengah (kura-kura) 
·         Menghentikan bola dengan kaki bagian bawah (telapak kaki) 
·         Menghentikan bola dengan perut 
·         Menghentikan bola dengan dada Menghentikan bola dengan paha 
·         Menghentikan bola dengan kepala 

-        Teknik Menggiring Bola (Dribbling)
·         Menggiring bola dengan kaki bagian dalam 
·         Menggiring bola dengan kaki bagian luar 
·         Menggiring bola dengan kaki bagian tengah (kura-kura) 

-        Teknik Menyundul bola (heading)
·         Menyundul bola sangat diperlukan sekali bagi pemain sepak bola terlebih bagi pemain penyerang. Mencetak gol dengan sundulan sangat sukar untuk di halau kipper (penjaga gawang) Pelaksanaan menyundul bola: Berdiri atau memposisikan diri di bawa arah datangnya bola, dengan sikap badan agak condong ke depan, kedua kaki tekuk, pandangan ke arah bola dan terakhir perkenaan bola pada kepala bagian depan (frontalis), kedua tangan menjaga keseimbangan badan.  

-        Teknik melempar bola ke dalam (throw in)
·         Bola dipegang dengan dua tangan di atas kepala Kedua kaki lurus tegap Badan agak di tekuk ke belakang Bola dilepas di atas kepala tanpa dibanting Kaki tidak boleh di angkat Saat melempar kaki tidak boleh menginjak garis lapangan.

-        Teknik tendangan bebas
·        Tendangan bebas ialah tendangan  yang dilakukan secara bebas oleh pemain tanpa gangguan pemain lawan.Tendangan ini diberikan jika terjadi pelanggaran. Tim yang dilanggar berhak melakukantendangan bebas. Tendangan bebas dapat dilakukan secara langsung atau tidak langsung bergantung pada keperluan dan situasi yang dihadapi. Tendangan bebas langsung adalah tendangan bebas yang langsung diarahkan ke gawang sehingga bias langsung menghasilkan gol. Adapun tendangan bebas tidak langsung terlebih dahulu dioper ke pemain lain sebelum diarahkan ke gawang lawan.

-        Teknik tendangan pinalti
·         Tendangan penalti merupakan salah satu hukuman terberat dalam sepak bola, selain hukuman kartu merah. Tendangan penalti dilakukan jika salah satu tim melakukan pelanggaran di dalam daerah penalti lawan. Selain itu, apabila pertandingan sepak bola dilakukan dengan sistem gugur, sementara skornya tetap imbang hingga berakhirnya perpanjangan waktu, juga dilakukan tendangan penalti untuk menentukan pemenangnya.

Ketentuan pelaksanaan tendangan penalti adalah sebagai berikut :
·         Tendangan dilakukan di titik tendangan penalti.
·         Tendangan dilakukan ke depan.
·         Posisi kedua kaki penjaga gawang harus tetap berada di atas garis gawang dan tidak boleh memindahkan kakinya sampai bola ditendang.
·         Para pemain selain pelaksana tendangan penalti dan penjaga gawang harus berdiri paling sedikit berjarak 9,15 meter dari letak bola, namun tetap berada di lapangan permainan.
·         Pemberian isyarat untuk mengambil tendangan hukuman dilakukan oleh wasit.
Sumber: Bahan Ajar Penjasorkes SMP 
http://materipenjasorkes.blogspot.com/2011/10/teknik-dasar-permainan-sepak-bola.html
http://ws-or.blogspot.com/2011/11/teknik-dasar-sepak-bola-lengkap.html
zoudha.wordpress.com teknik-dasar-bermain-sepak-bola

1 komentar: